April 30, 2009

Komunikasi Massa III

Studi Kasus. Pada acara sertijab Kasau ( Bintang 4 ) Dispenau mengundang wartawan untuk meliput kegiatan yang tentu saja menurut kalangan TNI AU sangat penting, namun ternyata jumlah wartawan yang hadir jauh lebih banyak pada acara serjab Kapolda Jaya ( Bintang 2 ). Mengapa hal itu bia terjadi , jelaskan dari sudut pandang pemahaman anda tentang kepentingan wartawan dalam meliput suatu kegiatan.

Jawab :

Menurut pendapat saya kasus yang terjadi tentang sedikitnya wartawan yang hadir dalam acara sertijab Kasau (bintang 4) dibandingkan dengan banyaknya jumlah wartawan yang hadir saat sertjab Kapolda disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah: Faktor Kepentingan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Kepolisian mempunyai wilayah kerja di tengah-tengah masyarakat. Sebagai penegak dan penjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Adalah suatu kewajaran bila masyarakat mempunyai kepentingan untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia. Sebaliknya dengan TNI Angkatan Udara yang mempunyai tugas sebagai alat pertahanan udara Nasional dan sangat jarang melibatkan masyarakat umum dalam tugas-tugasnya. Sehingga sering dianggap pemberitaan tentang mutasi di tubuh TNI Angkatan Udara tidak terlalu penting. Disamping itu juga pejabat TNI Angkatan Udara maupun mantan petingginya kurang memberi andil di dalam pemerintahan. Dalam setiap acara-acara yang penting di kalangan militer pemberlakuan pengamanan yang selektif terhadap tamu yang datang menimbulkan rasa enggan untuk hadir di kalangan pers. Belum lagi kehadiran mereka ditolak dan akhirnya menimbulkan kesan seolah-olah mereka adalah kalangan yang tidak dibutuhkan dalam mempublikasikan sebuah peristiwa. Faktor Kedekatan. TNI AU dapat dikatakan sangat jauh hubungannya dengan para wartawan. Hal ini secara psikologis sangat berpengaruh terhadap pemuatan berita.Faktor Pembinaan Bidang Penerangan/Humas. Di instansi kepolisian maupun pemerintah daerah, fungsi bagian penerangan atau humas sangat diperhatikan pembinaannya, sehingga mereka lebih mudah mengadakan penggalangan terhadap media massa.e. Dampak / Efek Yang Ditimbulkan. Sertijab di kalangan pejabat TNI AU hanya lebih bersifat seremonial dan rutinitas belaka, tanpa menimbulkan efek yang langsung berdampak pada kehidupan masyarakat. Berbeda dengan sertijab pejabat kepolisian atau pemerintah daerah yang kebijakannya akan dapat dirasakan secara langsung pada kehidupan masyarakat. Faktor Kebutuhan. Dalam
setiap kegiatannya kepolisian selalu bekerjasama dengan wartawan, seperti kegiatan tindakan penangkapan penjahat, acara patroli, sergap dan lain lain, dimana wartawan membutuhkan berita yang didapat dari kepolisian, polisi membutuhkan wartawan untuk publikasi, sementara TNI AU dalam setiap kegiatannya jarang bekerjasama dengan wartawan. Hal ini berpengaruh dalam acara sertijab Kasau maupun Kapolda. Penyampaian sebuah berita juga menyimpan subjektivitas penulis. Bagi masyarakat biasa, pesan dari sebuah berita akan dinilai apa adanya. Berita akan dipandang sebagai barang suci yang penuh dengan objektivitas. Bagi kalangan tertentu yang memahami gerak pers. akan menilai lebih dalam terhadap pemberitaan, yaitu dalam setiap penulisan berita menyimpan ideologis/latar belakang. Seorang penulis pasti akan memasukkan ide-ide mereka dalam analisis terhadap data-data yang diperoleh di lapangan. Media massa, terutama surat kabar yang disamping memiliki pesan-pesan moral juga berorentasi pada bisnis berita juga lebih mengedepankan profit oriented. Untuk menghidupi perusahaan dan karyawan yang bekerja dibawahnya. Sebagai badan usaha yang mengejar oplah tentu koran tidak bisa melepaskan aspek bisnis berita dimana jika peminat pembaca meningkat dengan menyajikan berita - berita yang aktual dan menyangkut kepentingan pelayanan publik tentu menarik perhatian masyarakat dan merupakan lahan bagi wartawan apalagi sertijab Kapolda Metro jaya yang menempati posisi strategis. Secara logika makin menarik suatu pemberitaan maka semakin banyak yang membaca sehingga oplah koran naik berlipat ganda serta semakin banyak pembeli maka keuntungan yang diperoleh akan semakin besar. Berita sertijab Kapolda Jaya dianggap lebih memberikan nilai jual dibandingkan dengan berita sertijab Kasau, karena masyarakat lebih antusias untuk mengetahui siapa Kapolda Jaya hal ini karena moment tersebut bersinggungan langsung dengan kepentingan publik jika dibandingkan dengan pelantikan Kasau. Faktor yang lain adalah karena kultur atau budaya yang kurang menyangkut pada kepentingan masyarakat banyak dan bersinggungan dengan umum akan mendapat respons yang kecil jika dibandingkan suatu masalah yang langsung berhubungan dengan aspek kepentingan publik, Semestinya TNI AU bisa mengimpropisasi bidang tugasnya dengan kepentingan publik seperti meningkatkan lebih banyak lagi kegiatan sosial kemasyarakatan dengan berbagai kegiatan yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat seperti bakti sosial, TMMD dan lain sebagainya, sehingga masyarakat apresiatif terhadap institusi TNI AU.


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Cars Picture. Powered by Blogger