April 30, 2009

Komunikasi Massa IV

Topik atau issue apa di lingkungan TNI AU yang bisa “dijual” kepada media sehingga kegiatan TNI AU banyak diliput oleh media dengan memasyarakatkan TNI angkatan Udara sehingga lebih dikenal di lingkungan masyarakat Indonesia maupun dunia Internasional, dilakukan upaya-upaya :

a. Indonesia Air Show. Kegiatan ini sangat jarang dilaksanakan, namun bila dikemas dan direncanakan pelaksanaannya secara teratur akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, dimana dalam kegiatan ini ditampilkan postur TNI Angkatan Udara dengan segenap kekuatan yang dimilikinya disertai dengan mendatangkan beberapa kekuatan udara negara-negara lainnya. Dengan jarangnya masyarakat melihat pesawat-pesawat Udara, akan memberikan rasa keingintahuan yang tinggi masyarakat untuk melihatnya, demikian halnya peran media massa dengan menampilkan kegiatan tersebut akan menambah nilai jual berita yang ditampilkan.

b. Kegiatan sosial. Berupa hiburan maupun bakti sosial bencana alam. Akan menimbulkan simpati kepada TNIAngkatanUdara. Peran media masa sangat besar dalam membangun sebuah Citra yang positif, baik terhadap perseorangan atau terhadap suatu instansi/ organisasi. Citra TNI yang lemah dimata masyarakat saat ini, perlu dibangun dengan membentuk suatu opini masyarakat dan kondisi pencitraan yang positif terhadap peran dan fungsi TNI diera reformasi. Reformasi yang dilakukan oleh TNI dari dalam sudah menjadi agenda yang memang harus terlaksana, namun bagaimana publikasinya, menjadi kendala yang masih mengganjal. Peran dan fungsi dari Dinas Penerangan baik tingkat pusat atau Kotama masih belum optimal dilaksanakan. Diperlukan peran langsung serta pendekatan yang serius dari pimpinan terhadap unsur-unsur diluar TNI yang secara tidak langsung menjadi alat pemberitaan tentang Citra yang dibangun kepada masyarakat luas. Apabila kondisi tersebut dapat kita raih, maka dengan sendirinya media masa dan masyarakat akan memberikan gambaran yang positif dan setiap kegiatan yang diliput akan mempunyai nilai jual dari segi jurnalistik.
Langkah utama yang bisa ditempuh saat ini adalah, pendekatan kepada masyarakat dan memberikan tindakan yang nyata dapat dilakukan. Dengan melakukan pendekatan terhadap unsur-unsusr instansi sipil baik negri atau swasta, maka dengan sendirinya media akan mencari berita dengan situasi dan kondisi yang berkembang. Peran dan tugas yang dilaksanakan oleh TNI sebagai alat keamanan adalah sesuatu yang dipersepsikan atau a perceived reality, kesan yang timbul setelah orang melakukan interaksi (melihat, mendengar, merasakan, mengalami dan menghayati) dengan obyek. Kuat tidaknya, baik positif maupun negative, sebuah kesan tergantung dari intensitas, lama dan seringnya interaksi itu, karenanya peran dan fungsi sosial dimasyarakat harus tetap dipertahankan.

c. Melalui sarana olahraga. Dengan melalui sarana olahraga terutama olahraga kedirgantaraan, dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat agar lebih mengenal dan mencintai TNI AU meskipun olahraga ini tergolong mahal namun perlu digalakkan dan dimasyarakatkan dengan mengadakan perlombaan atau hadir dalam even-even tertentu sehingga tumbuh rasa ingin tahu tentang olahraga dirgantara yang pada akhirnya TNI AU lebih memasyarakat seperti terjun payung , terbang layang, dan lain-lain karena kegiatan seperti ini menarik minat masyarakat banyak sehingga secara otomatis akan diliput para kuli tinta untuk dimuat dimedia massa sebagai even yang menarik disamping itu juga melaksanakan turnamen sepak bola, tenis lapangan, hal-hal seperti ini perlu dikembangkan dengan intens dan konsisiten serta berkelanjutan.


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Cars Picture. Powered by Blogger